Sabtu, 03 Maret 2018

Menurutmu, Ospek Atau MOS Itu Penting Gak Sih?

Sedikit berat yah pembahasan kita kali ini hehe. Disini saya ingin mengajak teman-teman untuk berdiskusi tentang Budaya Ospek atau MOS (Dikenal juga sbg MPLS / MOPD) yang pernah teman-teman lewati, atau mungkin sedang teman-teman jalani 😜

Entah sebagai panitia atau peserta, disini saya ingin mencoba menyampaikan pandangan saya tentang Budaya yang selalu ada di sekolah atau perkuliahan ini. Dan tentu saja saya sendiri pernah mengalami/menjalani serangkaian aktivitas ini, baik sebagai peserta ataupun panitia 😆 baik, langsung saja.
Menurutmu, Ospek Atau MOS Itu Penting Gak Sih?
(sumber gambar : remaja-go.blogspot.co.id)

Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Akademik, Ospek ini merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi.

Sedangkan untuk MOS adalah Masa Orientasi Siswa. MOS ini merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

Jika kita lihat dari pengertian di atas, porsi dan tingkatannya berbeda namun makna dan tujuannya sama, kurang lebih seperti itu. Nah disini kita coba samakan dulu perspektif kita terhadap kegiatan tsb, karena pada dasarnya kegiatan tsb sama-sama mengandung orientasi.

Nah, setelah perspektif kita sama, sekarang kita bedakan dulu bidang-bidangnya

Untuk kegiatan inipun saya sangat mendukung dan memang harus dilakukan, karena ini merupakan gerbang/langkah awal peserta untuk lebih mengenali, mendalami dan mengerti tentang Instansi yang mereka tuju. Serta dengan kegiatan ini, peserta dapat menggali potensi mereka masing-masing.
Nah, yang ingin saya bahas dan fokus disini adalah kasus Ploncoan yang pernah terjadi. Temen2 pasti tau/pernah denger kan? 
(sumber gambar : opini.id)


Sedikit Hiburan..